Tentang Kami

logo ELF

THE REASONS WE ARE HERE



Segalanya berawal dari ketertarikan yang amat besar terhadap ilmu psikologi. Mempelajari psikologi sangat terkait erat dengan apa yang kami alami setiap hari. Kami banyak belajar bagaimana seseorang berpikir, membandingkan berbagai definisi dan karakteristik, sampai akhirnya kami berhasil memperoleh perspektif yang komprehensif mengenai hidup dan kehidupan. Segala yang telah kami pelajari dalam ilmu psikologi menjadi sia-sia sebelum kami elaborasikan dengan pengalaman hidup kami, kisah hidup orang-orang di sekitar kami, dan berbagai lintas keilmuan yang terkait. Ketertarikan yang besar terhadap dunia psikologi melahirkan kami sebagai seorang lulusan fakultas psikologi yang haus akan perkembangan ilmu psikologi, serta seorang psikolog yang rindu melayani sesama dalam menemukan makna kehidupannya.

Tamat mempelajari seluruh rangkaian proses pembelajaran dalam jenjang keilmuan tidak membuat kami merasa menjadi ‘master’ bagi jiwa-jiwa manusia. Semakin dalam kami mengenal psikologi, kami semakin yakin bahwa hanya individu itulah yang paling memahami dirinya sendiri – dan masalah terbesarnya seringkali ia tidak mengetahui (bukan tidak mampu) bagaimana memahaminya. Kami banyak belajar mengenai proses-proses mental, organisasi pikiran, dan kompleksitas dari ‘psyche’ dalam segala mekanismenya, namun di lain sisi, kami sadar dan mengakui bahwa setiap orang adalah berbeda dan unik.

Itulah yang akhirnya mendasari didirikannya Experiencing Life Foundation (ELF). Kami sadar bahwa ilmu adalah sampah sepanjang tidak dapat berguna bagi peradaban manusia. Setelah berhasil bergelar ‘dokter’ terhadap jiwa manusia, kami sangat terbeban untuk dapat membantu setiap orang dalam memaknai pengalaman hidupnya. Tentu kami bukanlah seorang sutradara yang akan menentukan, mengarahkan, dan mengatur hidup setiap orang. Kami rindu melayani sebagai seorang fasilitator, mentor, kawan, atau sekedar tempat berefleksi terhadap berbagai cerita hidup yang mengesankan. Tujuan kami hanya satu, yakni agar setiap orang mampu memaknai hidupnya secara positif dan mengoptimalkan apa yang dimilikinya sebagai bagian dari anugerah Sang Ilahi. Dengan dasar filosofis ini, segala kegiatan pemeriksaan, konseling, psikoterapi, penelitian, dan berbagai bentuk praktik lainnya kami lakukan dengan tujuan untuk membantu setiap orang mengeksplorasi perjalanan hidupnya serta mampu mengarahkan hidupnya menjadi diri sendiri yang berfungsi optimal sebagai unit pribadi, sosial,  moral, dan spiritual.

Ilmu tanpa aplikasi ilmu adalah sampah; dan aplikasi ilmu tanpa mengembangkan ilmu itu sendiri adalah kelalaian. Itulah sebabnya, di samping melakukan praktik-praktik psikologi, kami juga aktif mengembangkan alat ukur, melakukan uji validitas dan reliabilitas alat ukur, serta secara inovatif mengembangkan bentuk-bentuk tes dan psikoterapi yang dapat bekerja secara efektif dan efisien bagi klien. Prinsip-prinsip etis dan keilmuan adalah bagian dari kinerja profesional kami dalam menjadikan Experiencing Life Foundation (ELF) sebagai seorang sahabat bagi mereka yang kesepian, dan sumber yang handal dan kredibel bagi pengembangan ilmu pengetahuan.

.

AFILIASI

Experiencing Life Foundation (ELF) secara aktif memiliki afiliasi dengan berbagai asosiasi dan institusi internasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Beberapa jaringan yang telah kami miliki diantaranya:

  • American Psychological Association (APA), Div 12 – The Society of Clinical Psychology – AS
  • American Board of Medical Psychotherapist and Psychodiagnostician (ABMPP) – AS
  • Association of Psychotherapist and Counselors Singapore (APACS) – Singapura
  • Regional Human Skill – Singapura
Advertisements