“Keep Moving Forward!” – Belajar dari Bob Sadino

bigstock-Child-Climbing-Steps-323508

Beberapa hari ini kita baru saja kehilangan salah satu tokoh inspirasional di Indonesia, yaitu Bob Sadino. Beliau merupakan seorang pengusaha yang sukses berkat kerja keras dan semangatnya yang tinggi. Awalnya, ia hanyalah orang biasa yang berusaha menyambung hidup setiap hari dengan mencoba berbagai jenis pekerjaan. Air mata dan keringat sudah banyak keluar dari tubuhnya, namun hal tersebut justru seperti “cambuk” yang mendorong dirinya untuk terus maju dan berusaha.

Jika Anda meyakini bahwa kunci kesuksesan harus dipelajari dengan segudang teori dan pengetahuan yang luas, maka kini keyakinan tersebut sudah dipatahkan oleh pemaparan dari Bob Sadino. Baginya, kemauan adalah modal utama untuk bisa menjadi orang yang sukses. Tidak hanya pandai berteori dan membuat rencana, tapi cobalah renungkan beberapa pertanyaan berikut:

  • Maukah Anda merealisasikan buah pemikiran Anda tersebut melalui tindakan nyata?
  • Maukah Anda dengan rendah hati mendengarkan saran serta kritik dari orang lain, terutama pelanggan atau klien Anda, dan tidak merasa diri paling benar?
  • Maukah Anda belajar dari pengalaman Anda dan tidak mengulangi kesalahan yang sama?
  • Maukah Anda memikirkan beribu-ribu jalan lain ketika satu jalan telah tertutup bagi Anda?
  • Maukah Anda mengambil setiap kesempatan atau peluang yang ada di hadapan Anda tanpa perlu merasa “gengsi” dengan diri sendiri maupun orang lain?
  • Banyak orang yang pandai di dunia ini, tetapi banyak dari mereka yang sulit atau kebingungan bagaimana menggunakan kepandaian yang mereka miliki. Mereka memiliki cara pandang yang terlalu ideal sehingga lupa bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Akhirnya mereka hanya bisa duduk diam, berpikir banyak hal, dan melewatkan setiap kesempatan kecil yang lewat di depan mata mereka. Banyak orang di dunia ini yang juga memfokuskan diri terus menerus bagaimana untuk menjadi kaya. Yang ada di pikiran mereka setiap hari hanyalah uang dan uang, namun mereka lupa bagaimana berkomitmen dan melihat setiap peluang yang ada yang sebenarnya dapat membuat diri mereka menjadi kaya.

Ketika fokus hidup kita hanyalah kepada uang, maka sebenarnya kita sulit untuk menjadi kaya yang berbahagia. Namun ketika fokus hidup kita lebih kepada kemauan dan komitmen yang tinggi pada apa yang kita kerjakan, berapapun uang yang kita peroleh, biasanya dengan sendirinya kekayaan itu lama kelamaan akan mengejar kita. Kita justru akan menemukan kebermaknaan hidup yang lebih ketika kita memfokuskan diri pada “bagaimana seharusnya saya menjadi seorang individu” dan bukan pada “seberapa banyak yang saya miliki”. Hal inilah yang sebenarnya menjadi landasan hidup Bob Sadino. Ia tidak pernah mengejar uang, namun justru pada akhir hidupnya kekayaan lah yang terus mengikutinya dan membuatnya menjadi pribadi yang berbahagia. “Teruslah maju!” demikian pernyataan implisit yang diungkapkan oleh Bob Sadino. Sedikit apapun usaha yang kita lakukan namun ketika kita terus berjalan ke depan dengan tidak berhenti atau menoleh ke belakang, niscaya ada hasil yang dapat kita tuai pada akhirnya nanti.

– In memoriam of Bob Sadino – 

 bob-sadino

“If you can’t fly then run, if you can’t run then walk, if you can’t walk then crawl, but whatever you do you have to keep moving forward.” ~ Martin Luther King Jr.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: